Dasar Bahasa Pemrograman Pascal

Haloo.. sudah lama nih blog ini gak update lagi, terakhir update pas mau ujian nasional SMK wkwk
oke tapi kali ini saya bakal ngebangkitin blog ini lagi! cie elaah..
Kamu Klik hadir lagi dengan konsep baru lagi, yakni saya akan membahas tentang yang berkaitan dengan kuliah saya, yap karna si empunya Kamu Klik uda jadi mahasiswa haha
untuk mengawalinya saya akan posting sesuatu yang berhubungan mata kuliah saya, yakni PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI, salah satu mata kuliah dari jurusan saya, Manajemen Informatika.
Kali ini kita akan mempelajari tentang Pemrograman, saat ini saya sedang mempelajari pemrograman pascal, jadi saya ingin mengenalkan apa itu program komputer ? apa itu pemrograman ? apa itu pascal ? :)

Apa Itu Program Komputer?
Program Komputer merupakan sekumpulan instruksi/perintah yang diberikan oleh programmer kepada mesin komputer. Agar instruksi tersebut dimengerti oleh komputer, maka instruksi tersebut harus dalam bentuk bahasa yang komputer mengerti.
Ada banyak bahasa pemrograman di dalam dunia ilmu komputer. Salah satu bahasa program komputer yang terkenal adalah bahasa Pascal. Pencipta bahasa Pascal, Prof. Niklaus Wirth, menciptakan bahasa Pascal ini dengan tujuan untuk mengajarkan pemrograman secara terstruktur kepada para mahasiswanya.

Program Kosong
Program Kosong adalah program yang paling sederhana, karena tidak melakukan apa pun. Dalam bahasa Pascal, program kosong dibuat dengan cara:

begin
end

Penjelasan: (tanda // slash ganda artinya adalah komentar/keterangan)

begin   // instruksi untuk mengawali program Pascal
end.     // instruksi untuk mengakhiri program Pascal diikuti Operator Akhir Program

Stop hand nuvola yellow.svg Kesalahan yang sering terjadi:
Untuk mengakhiri program Pascal, instruksi end harus diikuti Operator Akhir Program yaitu tanda titik (.). Dalam sebuah program Pascal hanya akan terdapat satu saja Operator Akhir Program

Information icon alt.svg Tambahan Informasi/Catatan:
Bagi pembaca yang sama sekali belum pernah membuat program Pascal dengan bantuan FPC, bisa melihat Lampiran A untuk panduan pemakaian FPC

Program Halo
Program komputer perlu untuk berinteraksi dengan pengguna komputer (user), interaksi yang paling sederhana adalah, komputer mencetak sesuatu di layar sehingga pengguna bisa melihatnya. Untuk membuat hal tersebut, cobalah program ini:

begin
     writeln('Halo Pembaca');
end.

Penjelasan:

begin
     writeln('Halo Pembaca'); // instruksi untuk mencetak & parameter teks yang akan dicetak
end.

Setelah program tersebut dijalankan, maka komputer akan mencetak kata Halo Pembaca di layar. Ada sebuah instruksi baru di sini, yaitu instruksi writeln yang gunanya untuk mencetak lalu menambahkan Enter/baris baru (write and add new line, writeln berasal dari write + ln, ln merupakan singkatan dari line). Instruksi writeln ini disertai dengan parameter teks Halo Pembaca yang harus diapit oleh tanda petik tunggal (').

Stop hand nuvola yellow.svg Kesalahan yang sering terjadi:
Setiap instruksi dalam bahasa Pascal, harus diakhiri dengan Operator Akhir Instruksi yaitu tanda titik koma (;)

Thumb up icon.svg Tips pemrograman yang baik:
Cara menulis program dengan diketik agak ke dalam, disebut dengan indentasi. Cara ini berguna untuk memudahkan membaca blok-blok perintah program, terutama pada program yang memiliki banyak struktur subblok

Komentar
Komentar adalah teks tambahan yang ditambahkan ke dalam program dan tidak akan dikerjakan oleh komputer, dengan tujuan:
  1. Menjelaskan arti suatu perintah/blok perintah, sehingga memudahkan orang lain untuk memahami apa kegunaan perintah tersebut
  2. Memberi tanda pada bagian perintah/blok perintah tertentu yang sengaja dilompati atau akan diganti/direvisi pada versi perubahan berikutnya
  3. Mengingatkan diri sendiri supaya tidak lupa, sehingga memudahkan untuk memahami ulang perintah tersebut, apabila pada suatu waktu di masa mendatang membaca ulang perintah tersebut
Ada 2 macam komentar dalam program Pascal, yaitu:
  1. Komentar 1 Baris (single line comment), yaitu komentar yang hanya berlaku dalam 1 baris perintah saja, dimulai dari tanda // (slash ganda) sampai ke akhir baris
  2. Komentar Banyak Baris (multiple line comment), yaitu komentar yang berlaku dalam banyak baris, dimulai dari tanda { (kurung kurawal buka) sampai tanda } (kurung kurawal tutup)
// ini adalah single line comment
begin // ini juga single line comment
end.

{ ini adalah multiple line comment
semua teks yang ada di antara kurung kurawal buka
dan kurung kurawal tutup ini akan diabaikan oleh komputer }
begin
end.

Thumb up icon.svg Tips pemrograman yang baik:
Berikan komentar secukupnya. Orang lain yang membaca program tersebut akan sangat terbantu pada saat membacanya. Demikian juga diri sendiri pun akan sangat terbantu, pada saat membaca ulang program tersebut di masa yang akan datang

Information icon alt.svg Tambahan Informasi/Catatan:
Jangan berlebihan dan bertele-tele dalam memberikan komentar! Usahakan singkat, padat, tepat dan jelas (kecuali, apabila komentar tersebut dipakai untuk keperluan pengajaran/tutorial)

Variabel
Variabel adalah suatu lokasi/tempat di dalam memori komputer yang bisa dipakai untuk menyimpan nilai. Variabel ini melambangkan atau merepresentasikan data.
Nilai dari sebuah variabel dapat dimasukkan oleh pengguna melalui deklarasi di program ataupun pemasukan (input) di dalam program.
Untuk setiap data yang berbeda, dibutuhkan variabel yang berbeda pula. Variabel dibedakan dengan cara diberikan nama yang berbeda. Contohnya, apabila terdapat data "panjang", "lebar", dan "tinggi", maka dapat dipakai variabel "p", "l", dan "t" untuk melambangkannya.
Tipe data dari sebuah variabel harus dideklarasikan di awal program. Beberapa contoh tipe data untuk menampung angka adalah byte, integer, word, dan real. Dalam program Pascal, kita dapat melakukan operasi matematika seperti tambah, kurang, kali, dan bagi.
Contoh program:
var
     p,l,t,v:integer;
begin
     writeln('Masukkan nilai panjang');
     readln(p);
     writeln('Masukkan nilai lebar');
     readln(l);
     writeln('Masukkan nilai tinggi');
     readln(t);
     v := p * l * t;
     writeln(v);
     readln;
end.

Penjelasan:

var
   p,l,t,v:integer;   // Deklarasi variabel dengan semua variabel bertipe integer
begin
   writeln('Masukkan nilai panjang');
   readln(p);          // Input nilai p
   writeln('Masukkan nilai lebar');
   readln(l);           // Input nilai l
   writeln('Masukkan nilai tinggi');
   readln(t);           // Input nilai t
   v := p * l * t;      // Operasi matematika : v = p kali l kali t
   writeln(v);         // Tampilkan nilai v
   readln;              // Supaya pembaca dapat membaca nilai v sebelum program otomatis keluar
end.

Waah, mungkin itu dulu gan yang bisa saya berikan, karna postingan ini hanya dasarnya saja, untuk level selanjutnya akan di jelaskan pada postingan Kamu Klik selanjutnya.
untuk yang masih bingung, silakan bertanya lewat komentar dibawah.
Sekian dulu, terima kasih :)