Kamis, 22 Desember 2011

Cara Paling Mudah Membuat Scroll Pada Area Komentar


Jumlah komentar pada suatu artikel blog yang telah mencapai puluhan membuat tampilan memanjang ke bawah. Hal ini dapat membuat pengunjung berikutnya yang ingin memberikan komentar harus menggulung deretan komentar tersebut terlebih dahulu untuk menemukan kotak komentar. Bila tersedia link yang langsung mengantarkan pengunjung ke kotak komentar maka hal ini tidak begitu menjadi masalah. Namun, bila tidak tersedia link tersebut kita dapat menambahkan scroll atau penggulung pada kolom komentar tersebut. Selain dapat memudahkan pengunjung, adanya scroll ini juga bisa membuat blog terlihat simpel.

Kolom komentar dengan scroll.

Untuk menambahkan scroll pada komentar, kita dapat menggunakan kode CSS tertentu. Langkah-langkahnya dapat disimak di bawah ini.

1. Masuk ke akun Blogger Anda.

2. Klik Rancangan > Edit HTML.

3. Klik Download Template Lengkap untuk membuat salinan template.

4. Cari kode untuk komentar yang biasanya ditandai dengan #comments-block{. Gunakan tombol Ctrl + F untuk memudahkan pencarian. Contoh kode lengkapnya seperti di bawah ini:

#comments-block{border:0px dotted #ccc;width:569px;margin:1.3em 0 1.5em;line-height:1.6em}

5. Kemudian hapus kode border:0px dotted #ccc; dan tambahkan kode max-height:300px;border:1px solid #eee;overflow:auto; sehingga hasilnya seperti di bawah ini:

#comments-block{max-height:300px;border:1px solid #eee;overflow:auto;width:569px;margin:1.3em 0 1.5em;line-height:1.6em}

Tinggi scroll adalah 300 px, tebal border 1 px, gaya border solid dan warna border #eee, poin-poin ini dapat diganti sesuai selera Anda.

6. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Baca Juga : Cara Paling Mudah Membuat Scroll Pada Area Komentar



About - Disclaimer - Privacy Policy | Copyright © Kamu Klik